ouyn7bxyFaag4m2JoFMaUf90bRL1PfElec3ecMzt
Bookmark

5 Aplikasi Edit Video Gratis di Laptop/Pc tanpa Watermark, Free Version!

Kegiatan edit video di laptop akhir-akhir ini makin populer, tuntutan dari adanya perkembangan teknologi serta kebutuhan masyarakat yang tinggi. Adanya Reels dan Video Feed di Instagram, Story dan Reels Facebook, konten video YouTube, hingga ramainya penggunaan TikTok menjadi tuntutan bagi para penggunanya untuk membuat konten video yang menarik dan unik.

Kebutuhan akan konten video yang menarik memerlukan kreativitas dari setiap penggunanya dalam menentukan segmen konten apa yang akan dibuat. Hal ini juga perlu didukung dengan skill editing demi mendapatkan hasil yang maksimal. Mungkin sebagian dari kita memahami bahwa aplikasi edit video profesional terkenal memiliki harga tinggi. Di tambah editing menggunakan smartphone untuk durasi panjang kurang maksimal dan melalahkan.

Maka dari itu, Bro.Web.ID melakukan riset berdasarkan pengalaman pribadi dan menemukan aplikasi editing profesional namun dapat digunakan secara gratis. Kami merangkum bukan hanya menyandang status freeware, melainkan mengedepankan fitur dan ultilitas layaknya Premiere Pro, AfterEffects hingga Sony Vegas. Dari banyaknya aplikasi edit video, berikut adalah rekomendasi software video editor terbaik yang menurut kami cocok digunakan.


1. DaVinci Resolve


Rekomendasi pertama jatuh pada software yang terkenal andal dan kaya fitur diantara para videografer, yaitu DaVinci Resolve. DaVinci Resolve adalah software edit video gratis terbaik untuk editor yang mahir dalam mengedit video dan menginginkan output yang profesional. DaVinci Resolve mendapat ulasan sebagai software pro-level, dan aplikasi lintas platform yang kuat, Anda akan ingin menggunakan sistem dengan grafis yang mumpuni untuk mendapatkan hasil maksimal dari editor video ini.

Kelebihan

  • Software gratis, tanpa batasan dan watermark
  • Adanya pengaturan color grading, compositing and audio production yang lebih kompleks
  • Terkenal dikalangan editor professional
  • Antarmuka intuitif, bagi yang terbiasa aplikasi profesional yang berbayar tidak butuh penyesuaian

Kekurangan

  • Penggunaan sedikit rumit bagi pemula, butuh penyesuaian


Baca Juga: 16 Aplikasi Pinjaman Online (Pinjol) Tanpa Slip Gaji dan NPWP 2022


2. iMovie


Rekomendasi kedua adalah iMovie, yang merupakan perangkat lunak pengeditan video gratis terbaik untuk pengguna Mac OS dan iOS, karena memberikan tema, cuplikan gaya Hollywood, dan efek video dengan panache minimalis, bakat sinematik, serta integrasi dan pengoptimalan yang mendalam. Kemudian didukung dengan tampilan antarmuka yang mudah membuat editor tidak akan kesulitan dalam adaptasi. Meskipun software ini free use, namun penggunaan terbatas pada Mac OS dan iOS.

Kelebihan

  • Software gratis, tanpa watermark
  • Tampilan simple dan user friendly
  • Pencocokan warna yang baik untuk tampilan video yang konsisten 
  • Tersedianya tools untuk audio beserta BGM
  • Tersedia template film dan animasi didalamnya

Kekurangan

  • Hanya tersedia untuk Mac OS dan iOS


Baca Juga: 8 Aplikasi Penghasil Uang Terbaru Aman Terbukti Membayar 2022

3. Lightworks

Rekomendasi berikutnya adalah Lightworks, yang telah digunakan untuk membuat beberapa film pemenang penghargaan termasuk seperti Pulp Fiction dan The Wolf of Wall Street. Software ini memiliki berbagai macam tools untuk membuat video menjadi profesional, termasuk beberapa opsi pengeditan audio yang advanced, VFX, penyesuaian warna, dan banyak lagi. Sayangnya untuk pengguna freeware tidak akan mendapatkan toolsnya secara lengkap. Kemudian pada antarmuka sangat mudah dalam penyesuaiannya, bahkan seorang pemula dapat menguasai hal-hal penting dengan relatif mudah. Namun sayangnya software ini hanya tersedia di desktop platform, dengan versi untuk Windows, Mac, dan Linux.

Kelebihan

  • Software gratis, tanpa batasan dan watermark
  • Aplikasi Ringan (67MB - 90MB)
  • Banyaknya komunitas pengguna aktif di forum official
  • Support Windows, Mac, dan Linux

Kekurangan

  • Pilihan ekspor terbatas di 720p and H.264/MP4
  • Adanya opsi untuk upgrade apabila menginginkan ultilitas lebih

Baca Juga: 19 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal Langsung Masuk ke Rekening

4. VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor adalah aplikasi untuk mengedit file video dan membuat video dengan kompleksitas apapun yang menggunakan berbagai efek visual dan audio. Program ini menawarkan fungsionalitas yang kaya dengan tersedianya variasi template untuk effects, transisi, hingga audio filters. Namun VSDC memiliki antarmuka yang sederhana dengan interface jadul, yang mana bagi beberapa orang ada yang kurang nyaman dengan masalah minor seperti ini.

Kelebihan

  • Software gratis, tanpa batasan dan watermark
  • Tersedianya variasi template untuk effects, transisi, hingga audio filters
  • Aplikasi Ringan (76MB)
  • Pemenang award 
  • Tersedianya tools Screen Capture

Kekurangan

  • Tampilan terlihat jadul


Baca Juga: 5 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2022 Terbukti Membayar, Langsung ke DANA

5. VN


Rekomendasi terakhir adalah VN, atau nama resminya adalah VN (VlogNow) Video Editor. Software ini cukup hype karena ultilitasnya yang profesional layaknya Premiere Pro dan Sony Vegas. VN dalam penggunaan cukup sederhana, tetapi kuat sebagai editor smartphone maupun desktop, VN juga mendapat rekoendasi yang baik di kalangan pengguna pemula dan profesional.

Kelebihan

  • Software gratis, tanpa batasan dan watermark
  • Tersedianya variasi template untuk effects, transisi, hingga audio filters
  • Banyaknya komunitas pengguna aktif (Forum, Grup FB, TikTok & Telegram)
  • Aplikasi multi-platform (Windows, Mac, iOS & Android)

Kekurangan

  • Adanya opsi upgrade untuk membuka akses premium dan store
  • Tersedianya store untuk membuka stock effects, filter, transisi, hingga template video 

Kesimpulan

Dari banyaknya aplikasi editing video gratis yang beredar di internet, ada beberapa yang mungkin tidak kita sebutkan dan masuk ke dalam rekomendasi ini. Pertimbangan yang kami tekankan adalah poin profesional, yang artinya software gratis tersebut kita komparasikan dengan Adobe Premiere Pro, Adobe AfterEffects, CyberLink PowerDirector hingga Sony Vegas. 

Kita juga tidak menghakimi jika diantara kalian masih menggunakan software tersebut secara ilegal terlepas dari baik ataupun buruknya penggunaan software bajakan. Namun kita bisa melakukan komparasi apple-to-apple antara software gratis hasil rekomendasi dengan software profesional berbayar.

Dari 5 rekomendasi tersebut mampu menghasilkan output yang sama dengan software profesional berbayar. Hal ini tentunya dapat menunjang editor maupun content creator dalam mengolah video untuk keperluan YouTube, TikTok, Instagram hingga Facebook. Kalau menurut kamu, software mana yang terbaik? Tulis di kolom komentar ya! 

Pencarian Terkait:

aplikasi edit video gratis di laptop tanpa watermark, aplikasi edit video gratis di laptop, aplikasi edit video di laptop gratis tanpa watermark, aplikasi edit video youtube di laptop gratis, aplikasi edit video di laptop, download aplikasi edit video di laptop gratis, aplikasi edit video gratis di laptop untuk pemula


Posting Komentar

Posting Komentar