Apakah Pramugari Boleh Memakai Hijab? Boleh, Asalkan...

Saat ini, mengenakan hijab bukan lagi sebuah halangan untuk bisa mencapai impian yang diinginkan, seperti bermimpi menjadi pramugari misalnya. Nah, bagi anda yang berhijab dan ingin menjadi pramugari, tentunya ingin tahu kan apakah pramugari boleh memakai hijab? Jawaban singkatnya adalah Boleh dan di izinkan.

Meskipun tidak semua maskapai penerbangan membolehkan pramugari nya untuk berhijab, tetapi beberapa maskapai membolehkan pramugari nya untuk berhijab diantara nya yaitu NAM Air.

Sudah jelas bahwa, pramugari boleh berhijab. Semakin jelas bahwa hijab bukan lagi penghalang bagi seorang wanita untuk mengejar impian nya. Jika kita lihat fenomena ini, kita dapat menyimpulkan bahwa Maskapai penerbangan Indonesian telah membuat perkembangan yang besar disini.

Jika kamu belum yakin, ada landasan hukum yang bisa dijadikan sebagai dasar untuk tetap menggunakan hijab saat bekerja sebagai pramugari.


Landasan hukum ini adalah Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2013 yaitu Tentang Ketenagakerjaan.

  • Pasal 6 menyatakan bahwa setiap pekerja berhak untuk diperlakukan dengan sama tanpa diskriminasi oleh pengusaha.
  • Kemudian, Pasal 153 ayat (1) huruf C yaitu melarang perusahaan untuk memberhentikan atau memutuskan hubungan dengan pekerja karena menjalankan ibadah agamanya.
  • Pasal 153 ayat (2) menyatakan bahwa apabila pengusaha melakukan sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 153 ayat (1) huruf C maka pemutusan hubungan kerja tersebut batal demi hukum dan juga pekerja harus dipekerjakan kembali.


Berdasarkan ke-3 pasal tersebut, sudah begitu jelas bahwa tidak ada larangan bagi seorang Pramugari (Flight Attendant) untuk memakai hijab saat sedang bertugas.

Sehubungan dengan masalah ini, Pasal 109 menyatakan bahwa peraturan perusahaan disusun dan menjadi tanggung jawab pengusaha sendiri. Tetapi penyusunan peraturan perusahaan ini pun harus memperhatikan saran dan juga pertimbangan pekerja, sebagaimana yang ada dalam Pasal 110 ayat (1).


Maskapai Yang Membolehkan Pramugari Berhijab


Seperti yang sudah dibahas diatas, tidak semua maskapai mengizinkan pramugari nya untuk mengenakan jilbab, tetapi beberapa maskapai ada yang mengizinkan, dan itu tergantung pada kebijakan masing-masing maskapai penerbangan.

Kalau anda berhijab, anda tidak perlu khawatir tidak bisa menjadi pramugari. Karena sekarang anda bisa menjadi pramugari walaupun anda berhijab. Berikut beberapa maskapai penerbangan yang bisa anda jadikan referensi untuk mencalonkan diri menjadi pramugari berhijab indonesia.


1#. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia merupakan salah satu perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) di sektor industri transportasi udara. Dengan jumlah 210 armada, Garuda Indonesia menjangkau 48 rute domestik dan 22 rute internasional. Secara resmi didirikan pada tanggal 28 Januari 1949 yang bernama Garuda Indonesian Airways. Garuda adalah salah satu maskapai pertama dan tertua di Indonesia, dan dimiliki oleh pemerintah Republik Indonesia.

Baca Juga: Berapa Gaji Pramugari Garuda Indonesia?


2#. Lion Air

Lion Air adalah maskapai penerbangan yang berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Lion Air adalah maskapai swasta terbesar di Indonesia. Memiliki jaringan rute ke Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam dan Arab Saudi, serta penerbangan charter ke China dan Hong Kong. Lion Air telah menjadi pemain regional yang bersaing dengan Maskapai AirAsia milik Malaysia.


3#. NAM Air

NAM Air adalah maskapai penerbangan Indonesia yang didirikan pada tahun 2013. Maskapai ini merupakan anak perusahaan dari Sriwijaya Air. Maskapai penerbangan pengumpan menengah yang mengoperasikan Boeing 737-500 winglet dengan 120 kursi (8 kelas bisnis dan 112 kelas ekonomi).


4#. AirAsia Indonesia

AirAsia Indonesia, merupakan maskapai bertarif rendah yang berpusat di Jakarta, Indonesia. Mengoperasikan penerbangan domestik di berbagai wilayah Indonesia, internasional, dan merupakan asosiasi dari maskapai bertarif rendah asal Malaysia, Air Asia. Basis utamanya adalah Soekarno-Hatta International Airport, Jakarta, Indonesia.


Itulah tadi beberapa maskapai penerbangan Indonesia yang memperbolehkan anda untuk menjadi pramugari cantik berhijab. Untuk anda yang berhijab, anda tetap bisa melanjutkan karir yang diinginkan kok >.<

Era milenial sekarang juga sudah membebaskan semua orang untuk berkreasi tanpa batas. Untuk itu tetaplah berkarya untuk mencapai masa depan yang cerah.

Nah, walaupun menjadi pramugari boleh memakai hijab tetapi ada Syarat dan Ketentuan yang harus dipenuhi lhoo. Berikut ini


Apakah Pramugari Boleh Berhijab? Simak Syarat Lengkapnya Dibawah ini..


Apakah Pramugari boleh memakai hijab? Bisa & diperbolehkan asalkan anda memenuhi kriteria persyaratan untuk menjadi pramugari. Berikut ini syarat utama untuk menjadi seorang pramugari berhijab.


Berat dan Tinggi Badan Harus Proposional

Tinggi dan berat badan harus sesuai. Untuk menjadi pramugari, anda harus gesit dan responsif, terutama dalam situasi darurat. Karena itu, tinggi dan berat yang pas ini akan membuat anda bisa bergerak dengan nyaman dan mudah. Untuk Wanita setidaknya harus memiliki tinggi badan 160 cm dan maksimal 172 cm.


Usia

Pastikan umur anda di antara 18-23 tahun jika ingin mendaftarkan diri menjadi pramugari. Lebih atau kurang satu tahun saja kayaknya nggak akan diterima deh, jadi jika kamu memang sangat ingin sekali menjadi pramugari di Maskapai Penerbangan tertentu silahkan persiapkan semuanya dengan baik


Berpenampilan Menarik

Walaupun menjadi pramugari berhijab anda tentu saja tetap bisa berpenampilan menarik. Karena sekarang banyak sekali model fashion hijab yang bisa membuat anda tampak rapi dan menarik ketika di pandang.


Bisa Melihat dengan Normal (tidak buta warna)

Untuk menjadi pramugari cantik dan berhijab, anda tidak diperkenankan menggunakan alat bantu penglihatan seperti halnya kacamata, softlens dan alat bantu lainnya. Selain itu menjadi seorang Pramugari juga tidak boleh Buta Warna loo, apalagi buta map hihi.


Mempunyai badan yang sehat

Tugas seorang Pramugari adalah bertanggung jawab terhadap semua para penumpang saat sedang terbang di udara. Untuk itulah seorang pramugari dituntut harus memiliki badan yang sehat, baik sehat jasmani maupun rohani.


Harus Belum Menikah

Jika anda ingin mendaftar menjadi pramugari pastikan diri anda masih single dan belum pernah menikah. Tetapi Jika anda sudah pernah dan memiliki pengalaman menjadi Pramugari anda tetap dibolehkan menjadi pramugari walaupun sudah menikah.


Bisa Berbahasa Asing

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang harus anda kuasai jika ingin mendaftar menjadi seorang pramugari. Karena nantinya saat anda ditugaskan ke luar negeri anda harus bisa berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa inggris. Jika kamu menguasai bahasa asing lain maka semakin bagus.


Jika kita melihat persyaratan di atas, maka tidak ada syarat dan ketentuan yang menyatakan bahwa pramugari tidak boleh memakai hijab pada saat bertugas. Nah untuk kamu yang berhijab bisa kok jadi Pramugari, tapi ngga berlaku untuk semua maskapai ya..


Kesimpulan

Demikian tadi beberapa ulasan mengenai Apakah pramugari boleh memakai hijab? Kesimpulan dari penjelasan tersebut adalah bisa dan diperbolehkan asalkan mendaftarkan diri di maskapai penerbangan yang menerima pramugari berhijab.


Akhir kata

Semoga artikel diatas bermanfaat serta bisa menambah wawasan serta Informasi bagi yang Membacanya, saya mimin ganteng >.< pamit undur diri, Wasaalamualaikum wr.wb



Tags:

pramugari berhijab pesawat
pramugari berhijab garuda indonesia
pramugari berhijab sriwijaya air
pramugari berhijab 2021
pramugari batik air berhijab
apakah pramugari boleh berhijab
pramugari yang bisa berhijab
apakah menjadi pramugari boleh berhijab
sekolah pramugari berhijab di indonesia
maskapai yang menerima pramugari berhijab di indonesia

You Might Also Like:

Posting Komentar