ouyn7bxyFaag4m2JoFMaUf90bRL1PfElec3ecMzt
Bookmark

5 Cara Menjadi Penulis Novel dan Buku Profesional

Cara menjadi penulis novel dan buku menjadi salah satu profesi yang cukup diminati. Dimulai dari kalangan muda atau orang dewasa lainnya. Intinya, menjadi penulis novel bisa dilakukan oleh berbagai kalangan, mengingat menulis novel terasa cukup mudah daripada menulis buku pengetahuan. Baik itu pemula atau para penulis yang sudah profesional, semua bisa menulis novel!

Namun tidak semua penulis bisa membuat novel yang terstuktur dan menarik. Memang, semua orang bisa menulis novel, namun untuk memiliki pembaca yang ribuan tidak semua bisa melakukannya. Untuk itulah, sangat dibutuhkan cara untuk menjadi penulis novel yang profesional. Berikut penjelasnanya!


Cara Menjadi Penulis Novel dan Buku Profesional



1#. Ide Cerita Harus Menarik

Menjadi penulis novel yang profesional, pertama-tama haruslah mengetahui novel seperti apa yang diinginkan. Buatlah garis besar cerita yang berisi point-point cerita yang ingin ditulis. Hal ini bisa memudahkan dalam menulis dengan mulai mengembang ide-ide konsep yang telah dibuat.

Menciptakan ide atau konsep cerita yang menarik tidak harus bersifat original, lho! Bisa memakai ide cerita lain yang sudah ada sebelumnya, entah tentang percintaan, persahabata, keluarga, dan masih banyak lagi.

Lalu, bukankah mengambil ide dari cerita lain sama saja menjiplak? Tidak seperti itu! Ada trik rahasia disini, buatlah list kumpulan cerita yang menarik, mulailah baca atau menonton cerita tersbut. Nah jika menemukan jalan cerita yang cukup unik atau khas, catatlah! Dan tara, kalian bisa mengembangkan ide tersebut. Jadi, tidak ada menjiplak di sini, inilah disebut sebagai inspirasi cerita ^^


2#. Menentukan Karakter

Cara menjadi penulis novel yang kedua adalah menentukan karakter. Maksudnya, karakter seperti apa yang ingin dituangkan? Karakter itu seperti kunci dalam kesuksesan novel, jadi buatlah karakter yang menarik dan bisa terasa nyata bagi pembaca. Hah? Bagaimana caranya?

Jika kesulitan dalam menetukan karakter, bisa lho memakai cara yang pertama tadi. Memakai cara dalam menentukan ide yang menarik. Bagaimana sih, masih belum paham. Baiklah, pakailah karakter tokoh dari lingkungan sekitar kita, entah itu teman, pacar, adik, kakak, atau orangtua. Kuatkanlah karakter tokoh yang kita ciptakan agar pembaca bisa membayangkan karakter di dalam otak mereka.

Lalu, bagaimana caranya? Deskripsikan tokoh tersebut! Bisa dilakukan dengan mendeskripsikan visualnya, tingkah lakunya, penampilannya, atau pemikiran si tokoh. Jangan lupakan, tanamkan ciri khas si tokoh tersebut, ya!


3#. Mulai Menulis Novel

Cara menjadi penulis novel yang profesional adalah dengan menulis novel. Pada tahap inilah penulis bisa terlihat bagaimana pengelolahan kata, karakter fiksi, konflik, hingga alur cerita. Tips yang bisa dilakukan agar menjadi penulis novel yang profesional adalah dnegan belajar menulis novel setiap saat.

Menulis novel setiap hari haruslah menjadi kebiasaan utama. Kuncinya jangan malas. Menjadi penulis novel yang profesional prosesnya tidaklah instan, ada banyak langkah yang dilewati oleh penulis novel profesional. Maka, menulislah setiap hari, entah hanya keterangan foto di Facebook, Instagram, ataupun WhatsAap.


4#. Nikmatilah Proses Demi Proses

Menjadi penulis novel yang profesional tentulah setiap hari menulis dengan rutin. Di dalam hati penulis novel yang profesional sekalipun terkadang ada perasaan mengeluh atau merasa capek. Namun nikmatilah proses tersebut! Nikmatilah perasan letih dan capek kita! Karena semuanya akan terbayar suatu saat nanti.


5#. Banyak Membaca

Menjadi penulis novel yang profesional adalah dengan banyak membaca. Mengapa demikian? Karena pengolahan kata dalam membuat novel yang menarik begitu luas, kosa kata akan bertambah setiap harinya, jadi kita tidak menggunakan kosakata itu-itu saja.

Ini akan sangat membantu menjadi penulis novel yang profesional, selain menulis novel, bacalah novel setiap hari, juga! Penulis yang profesional terlahir dari pembaca pula.

Hal ini juga dapat menunjang dalam mengembangkan ide dan konsep cerita. Menulis novel untuk dibaca oleh orang lain, maka ciptakanlah novel yang berkualitas!

========================================


Jadi, itu saja cara menjadi penulis novel yang profesional. Yang terpenting dari itu semua adalah, teruslah menulis walaupun pembaca tidak sebanyak pembaca novel lainnya. Karena, pembaca yang banyak terlahir dari pembaca yang sedikit.

Jangan pernah malu hanya karena angka viewers kita masihh puluhan atau bahkan tidak ada sama seklai, jangan pernah mengeluh untuk itu. Atau yang lebih parahnya lagi, kita berhenti menulis hanya karena terpatok pada angka viewers.

Penulis dapat dikatakan penulis jika memiliki pembaca, namun jangan jadikan pembaca yang sedikit menjadi penghalang untuk kita berhenti menulis. Teruslah menulis!

Nulis aja dulu!


Tags:

Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca
Cara membuat novel kisah sendiri
Cara membuat novel yang tidak membosankan
Cara membuat novel Sejarah Pribadi
Tips menulis novel romance
Tips menulis novel romance
Cara membuat novel remaja
Cara menjadi penulis novel fiksi

Posting Komentar

Posting Komentar