Cara Memulai Bisnis Online/Offline Untuk Pemula, YUK BELAJAR BERBISNIS!!!

Halo semuanya....

Apakah kamu sedang mencari hal-hal seperti berikut ini? 

  • Cara bisnis online untuk pemula tanpa modal
  • Bisnis online pemula modal Kecil
  • Usaha yang jarang tapi dibutuhkan
  • 10 usaha yang menjanjikan
  • Contoh usaha modal kecil untung besar
  • Usaha yang cocok untuk anak muda
  • Ide bisnis online untuk pemula
  • Usaha kecil kecilan untuk remaja
  • Contoh usaha sendiri
  • Cara bisnis online di Shopee
  • Cara bisnis online shop tanpa modal
  • Lowongan bisnis online
  • Cara belajar usaha

Jika iya, maka kamu sedang berada di blog yang tepat. Tapi sebelumnya saya ucapkan terimakasih bagi yg sudah mampir ke blog ini, di artikel ini kita akan membahas dan belajar mengenal digital marketing, teknik marketing, bisnis dan lain-lain.

Ikuti selalu perkembangan blog mimin, dan jangan lupa untuk membagikan blog ini kepada orang-orang terdekatmu supaya belajar bisnis bersama-sama,dan apabila kamu ada saran konten blog dan kritikan serta saran silahkan tinggalkan di kolom komentar dan Selamat membaca


Apa itu bisnis?


Bisnis adalah aktivitas untuk menghasilkan uang dari pertukaran jasa atau barang yang dilakukan baik perorangan ataupun berkelompok.

Secara singkat bisnis merupakan cara untuk mendapat pundi-pundi rupiah. Bisnis juga dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan, jadi ada peluang untuk kamu yang sibuk bekerja.

Nah dalam berbisnis pasti selalu ada modal yang harus dijalankan sebelum memulainya baik koneksi internet,ilmu dan juga bahan-bahan bisnis yang pasti dibeli menggunakan uang.Tetapi ada pula bisnis yang hanya bermodalkan koneksi internet dan juga ilmu (namanya ialah bisnis Jasa)


Manakah yang kamu pilih, barang atau jasa?

Bisnis dapat dijalankan melalui perorangan atau berkelompok. Di dalam perorangan berarti kamu yang mengurus bisnis secara sendirian.

Istilah menjalankan bisnis secara perorangan dinamakan freelance dan orang yang menjalankannya dinamakan freelancer(superhero bisnis).

Jika kamu memutuskan memulai bisnis dengan cara berkelompok itu tandanya kamu perlu menyuruh seseorang bekerja sama denganmu dan memberikan imbalan berupa uang atas kerja kerasnya

Lebih baik menjalankan bisnis secara perorangan dulu setelah berkembang dan memiliki banyak pesanan barulah berkelompok.Baiklah daripada basa-basi kita langsung saja mulai topik kita hari ini


Bagaimana cara memulai bisnis yang benar?

Ini selalu menjadi pertanyaan seseorang yang baru memulai bisnis.Seorang pemula pasti berpikiran tinggal uploud barang/jasa di social media terus layanin customer.

Apakah seperti itu? jawabannya ialah TIDAK.

Saya sendiri sudah pengalaman bahwa dalam bisnis tidak sekedar uploud dan melayani melainkan memainkan strategi terutama di marketing(pemasaran).

Pebisnis juga harus ramah terhadap customernya, oiya bisnis juga landasi dengan niat dan semangat yang tinggi, jangan sampai bisnismu berhenti di tengah proses.

Bisnis ada prosesnya? ya sudah pasti ada halangan termasuk orang yang iri apabila kita berbisnis.Nah berikut adalah hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai berbisnis.


1.Niat dan Ketekunan yang tinggi

Yang pertama ialah niat,sama seperti yang di bahas di awal. Tak luput juga dengan ketekunan.

Jika kita baru berbisnis tetapi tak berniat dan tak sabar dalam menjalankannya tentu saja uang tidak jalan ke kita.

Pertama kali sih tidak ada pesanan tetapi lama-lama ada.

Tetap sabar dalam berbisnis, nikmati prosesnya jangan tergesa-gesa. Tawarkan jasa atau produkmu itu di sosial media atau iklan jalanan dengan kata-kata yang bersifat persuasif

Oiya saya sendiri juga waktu memulai bisnis tidak sabaran. Dan waktu itu saya berhenti lama sekali sekitar tahun 2020 di bulan desember dan melanjutkan di tahun 2021 bulan Febuari.

Dan saya mendapatkan penghasilan pertama 10 ribu, memang kecil tetapi saya tekunkan terus dan saya belajar hal baru saya meningkatkan penghasilan saya yang semula puluhan ribu menjadi ratusan ribu


2.Berpromosi atau Pemasaran

Tanpa adanya pemasaran atau promosi. Bisnis tidak dapat mendatangkan calon customer, kenapa? bukankah bisnis hanya berdiam diri dan menunggu pembeli?mungkin definisi itu lebih ke berdagang bukan berbisnis.

Bisnis itu mengembangkan dan meng-explore.

Promosikanlah jasa atau produkmu di sosial media atau papan iklan jalanan dengan kata-kata yang bersifat persuasif.Persuasif disini bermakna meyakinkan orang secara detail

Mulai dari pengenalan produk atau jasa lalu berikan fakta dan berikan kontak yang dapat dihubungi calon customer. Setelah itu barulah kamu layani customer kamu dengan sepenuh hati.Apabila belum mendapat jangan menyerah


3.Mempelajari Cara Melayani Customer

Di dalam bisnis melayani customer juga ada tahtiknya. Tidak hanya sekedar melayani pertanyaan customer atas produk atau jasa kita. Kita harus siap menerima pertanyaan customer, menanyakan balik ke customer, dan menerika komplain.

Kita juga harus mampu mengenal jauh calon pembeli atau customer kita.

Misalnya sifat berbicaranya, penilaian atas produk atau jasa kita dan lain-lain itu semua perlu kita perhatikan saat kita berkomunikasi baik melalui media sosial atau berkomunikasi secara langsung kepada customer.

Intinya buatlah customer itu melekat pada kita


4.Membuat Konten

Apa yang dimaksud dengan konten disini?Maksudnya adalah sebuah video atau gambar yang berupa menghibur penonton atau mengedukasi penonton.

Konten disini bertujuan untuk memberikan kesan menonjol pada produk atau jasa anda,konten dibagi menjadi dua yaitu konten berupa edukasi dan konten berupa hiburan.

Konten hiburan ditujukkan agar customer atau penonton tadi memiliki daya tarik pada produk atau jasa dan sebagai sarana hiburan.

Contohnya adalah (review barang, memposting lelucon yang berkaitan dengan jasa atau produk, video proses pembuatan dan lain-lain).

Sedangkan untuk konten berjenis edukasi bertujuan agar penonton memiliki wawasan yang tinggi terhadap yang berakitan dengan jasa atau produk kita. Contohnya adalah (tips, tutorial, edukasi sekilas dan lain-lain)

Untuk mempublish konten yang kamu buat diperlukan sarana media yaitu sosial media. Kamu juga dapat membuat konten berjenis iklan disitu. Untuk konten iklan pastinya termasuk dalam konten hiburan ya


5.Mengembangkan Produk atau Jasa

Setelah semua sudah berhasil. Silahkan kembangkan jasa atau produkmu dengan kreasimu sendiri.

Pelajarilah hal baru,contohnya ialah saya menjual jasa pembuatan logo maka saya kembangkan menjadi pembuatan UI/UX Design

Mengembangkan hal baru dalam bisnis dapat menjadi sarana daya tarik customermu. 

Kamu juga dapat menaikkan harganya menjadi lebih naik lagi tetapi ingat tetap dalam harga pasar (tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah).


Kesimpulan

Jika kamu menjalankan bisnis tetap semangat dan kembangkan bisnismu. Pelajari cara memasarkan produk atau jasa Pelajari cara berkomunikasi dengan customer dan lain-lain

Terimakasih bagi yang sudah membaca sampai sini. Salut banget untukmu yang sudah sampai sini,tetap semangat dan ikuti selalu perkembangan blog Orang-Bisnis.

Jangan lupa tinggalkan komentarmu dibawah ya..

You Might Also Like:

1 komentar

  1. Informasi yang dibagikan cukup bermanfaat dan bagus, beberapa informasi lain mengenai hal serupa selengkapnya http://news.unair.ac.id/2021/03/31/pakar-unair-beberkan-tips-investasi-bagi-pemula/