Facebook Aktifkan Fitur Safety Check untuk Bencana Erupsi Gunung Semeru

Aplikasi Facebook menambahkan fitur Safety Check alias Pemeriksaan Keselamatan yang terkait dengan erupsi Gunung Semeru yang terjadi di kawasan Kecamatan Promowijo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Berdasarkan pantauan, Safety Check untuk bencana alam Gunung Semeru sudah bisa diaktifkan di Facebook mulai Sabtu (4/12/2021) pukul 17.07 WIB dan masih terus aktif hingga Minggu (5/12/2021) pukul 11.50 WIB.

"Pada hari Sabtu, tanggal 4 Desember, Darwin Volcanic Ash Advisory Center/VAAC mencatat gumpalan abu yang berasal dari puncak naik setidaknya hingga 50.000 kaki pada tingkat penerbangan 500" tulis Facebook di halaman tersebut. 


"Partikulat naik di atas 33.000 kaki (10 km/6,2 mil) dan dapat berdiam di atmosfer untuk beberapa lama, mengakibatkan jatuhnya abu di daerah sekitarnya dalam jangka waktu yang panjang," lanjut Facebook.

Pada halaman tersebut, Facebook juga mencatat jumlah warga setempat yang terdampak akibat letusan gunung yang berada di ketinggian di atas 3.676 meter dari permukaan laut tersebut.

Halaman Facebook Safety Check tersebut mencatat, ada sekitar 2.686 orang yang tinggal dalam jarak 5 kilometer (3,1 mil) dari puncak, dengan 8.375 tinggal dalam jarak 10 kilometer (6,2 mil).


"Zona eksklusi sepanjang 5 kilometer (3,1 mil) ada di tempat yang membentang ke tenggara dari puncak karena risiko aliran piroklastik dan hujan abu. Angin di daerah tersebut bertiup dari barat dengan kecepatan 13 kilometer (delapan mil) per jam. Wilayah ini memiliki angin barat laut yang dominan selama periode Desember hingga Maret," tertulis di halaman tersebut.

Sebagai informasi, Safety Check merupakan sebuah fitur yang khusus disediakan Facebook saat terjadi sebuah bencana.

Melalui fitur ini, pengguna dapat memberikan informasi bahwa ia sedang berada dalam keamanan aman saat terjadi sebuah bencana.


Safety Check juga bisa digunakan untuk mengecek kondisi teman atau orang lain setelah krisis atau bencana terjadi.

Sebelumnya, fitur ini juga pernah digunakan pada beberapa bencana besar, salah satunya pada peristiwa banjir di kawasan Jabodetabek pada awal 2020 lalu.


Cara menggunakan fitur Safety Check di Facebook

Pengguna Facebook yang berada di kawasan bencana dalam melaporkan kondisi terbaru di sekitar mereka atau mengecek keadaan kerabatnya melalui tautan ini.

Daftar teman yang berada di lokasi terdampak bencana bisa dilihat pada bagian "friends in area" yang terdapat pada sisi kiri. Kemudian, pilih kolom "All"

Setelah diklik, kolom tersebut akan menampilkan nama-nama rekan pengguna yang tercatat berada di sekitar lokasi kejadian.


Daftar teman yang sudah berada dalam kondisi yang aman dapat ditemukan pada bagian "Safe" yang disertai dengan teks hijau "Marked himself safe".

Sebaliknya, apabila teman masih berada dalam status yang belum aman, maka nama pengguna akan ditandai dengan teks hitam bertuliskan "Not marked safe yet".

Pengguna juga bisa mengetikkan nama akun yang ingin dicari di kolom pencarian, yang berada di pojok kanan atas. Jika nama teman di daftar belum menandai dirinya aman, belum tentu juga ia dalam kondisi bahaya.

You Might Also Like:

Posting Komentar