Tantangan Produktivitas untuk Penuhi Kreativitas di Masa New Normal

EntahBro- memikirkan hal yang positif serta menjaga diri untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di masa pandemi New Normal ini merupakan salah satu hal yang dianjurkan. Untuk mencegah risiko penyebaran virus Covid-19, penting untuk dipahami bahwa semakin rendah angka penularannya, semakin besar kemungkinan pasien akan mendapatkan pelayanan medis. Dapat kita lihat bersama semakin banyak sekolah, universitas, dan perusahaan yang mewajibkan siswa dan karyawan nya untuk bekerja dari rumah (work from home).

sc: pixabay

Tentunya di era new normal di masa pandemi Covid-19 ini, kita juga harus bisa tetap menjaga efisiensi produktivitas kita walaupun harus dikerjakan dari rumah. Hal ini jelas tidak semudah mengetik tulisan ini, untuk mewujudkannya dibutuhkan kreativitas yang lebih agar hari hari kita tidak membosankan dan bisa tetap produktif walaupun semuanya harus dilakukan dari rumah.

Tentu ada banyak sekali tantangan serta ke tidak enak-an saat ingin belajar mencoba produktif di masa new normal seperti sekarang ini, misal kita ingin mencoba produktif sekaligus belajar meningkatkan kreativitas di rumah dengan mencoba membuat kue, tentu saja kita membutuhkan alat serta bahan-bahan nya bukan? Nah sebenarnya jika tidak ada pandemi kita bisa saja langsung pergi ke toko yang menjual bahan-bahan untuk membuat kue tersebut, tetapi karena adanya pandemi plus PPKM menjadi lebih ribet karena banyak sekali toko-toko yang ditutup membuat orang yang tadinya ingin belajar produktif menjadi kurang bersemangat karena semuanya harus dilakukan secara online.

Tapi jangan khawatir, kali ini admin akan sedikit membagikan tips agar bisa tetap produktif sekaligus meningkatkan kreativitas diri selama masa pandemi sekarang ini. Langsung simak saja tips-tips nya dibawah ini.


Tips Agar Tetap Produktif di Masa Pandemi

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah membuat dan menggunakan daftar tugas(to do list) agar anda dapat memahami dan mengontrol apa yang akan anda lakukan hari ini. Anda dapat membuat daftar untuk mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah anda lakukan untuk membangkitkan rasa pencapaian.
  2. Langkah selanjutnya adalah Membuat Area Kerja (pilih tempat yg nyaman) sebagai tempat bekerja, belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah, karena menciptakan ruang dan waktu kerja sendiri memungkinkan anda untuk lebih berkonsentrasi dan mengetahui batasan istirahat dan bekerja. Tetap perlu diingat untuk selalu memberikan waktu istirahat walaupun anda bekerja dari rumah, karena di rumah anda akan merasa seperti tidak sedang bekerja karena bekerja dari rumah tidak mempunyai jam kerja khusus seperti saat kita kerja di kantor yang pada akhirnya terkadang kita lupa untuk beristirahat. Inilah sebabnya mengapa kita harus mengambil 5 menit untuk istirahat dan peregangan setiap 45 menit sekali untuk menjaga daya tahan anda agar tetap merasa segar. Selain itu, anda juga perlu melakukan aktivitas fisik dan olah rasa yg bisa kamu lakukan sebelum atau sesudah bekerja.
  3. Langkah berikutnya adalah Menghabiskan Waktu Untuk Hal yang Bermanfaat, ketika kita menghabiskan banyak waktu di rumah sendirian, kita pasti akan bosan jika tidak melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kita juga harus memilih kegiatan lain yang membantu meningkatkan produktivitas kerja dan kualitas hidup. Carilah kegiatan yang menyenangkan tetapi tetap tetap membantu untuk memperluas pengetahuan, seperti belajar online bersama teman, chatting atau seminar virtual. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan waktu luang kita untuk menjaga pola hidup sehat melalui pola makan dan istirahat yang cukup.
  4. Langkah selanjutnya adalah Membersihkan Rumah, lebih sering tinggal di rumah dapat membuat pribadi menjadi lebih rajin karena dengan terus berdiam diri di rumah akan membuat seseorang menjadi Gabut/Bosan. Solusinya anda bisa membersihkan rumah untuk menghabiskan waktu luang mulai dari membersihkan lemari, membersihkan kamar tidur, mengepel rumah, atau sekadar menyapu dan mengepel lantai.
  5. Kemudian kegiatan bermanfaat lainnya adalah Mencoba Resep Makanan Baru yang belum pernah kita coba sebelumnya. Kebijakan pemerintah untuk tetap di rumah saja tentunya menjadi kendala untuk membeli makanan di luar. Anda bisa menyiapkan makanan sehat atau makanan favorit anda sendiri, dengan begitu tak hanya produktif, tetapi juga menyehatkan tubuh kita dengan makanan yang kita buat sendiri.
  6. Langkah selanjutnya adalah bercocok tanam, Bercocok Tanam menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang di masa pandemi. Bercocok tanam tidak selalu membutuhkan kebun yang luas. Kita bisa menanamnya di pot bunga atau bahkan kantong plastik sesuai dengan kondisi rumah kita sendiri, seperti memilih tanaman hias atau tanaman yang bisa kita makan sendiri, seperti bayam, kol, paprika, kemangi, tomat, dll.
  7. Langkah bermanfaat berikutnya adalah Olahraga, olahraga sangat penting bagi tubuh kita, terutama dalam situasi pandemi saat ini. Kita bisa berolahraga di rumah dengan banyak cara, antara lain senam aerobik, yoga. Berolahraga tidak memakan banyak waktu, kita bisa mengambil waktu senggang untuk ber berolahraga, walaupun cuma sebentar.
  8. Langkah terakhir adalah Melakukan Kegiatan yang Menyenangkan, pastinya setiap orang memiliki aktivitas yang membuat mereka bahagia. Misalnya nonton film, nonton youtube, nonton tv, nonton live music yang bisa kita lakukan kapan saja. Bagi seorang wanita, anda bisa melakukan aktivitas seperti perawatan wajah dan tubuh. Di saat pandemi seperti ini adalah waktu yang tepat untuk berdiam diri di rumah untuk perawatan karena bebas dari sinar matahari yang ditakuti wanita, yang berdampak negatif pada kecantikan dan kesehatan kulit.

Di era new normal ini, kita dianjurkan untuk tetap produktif meski dari rumah dan hal ini tentunya memaksa kita untuk bisa menjadi orang yang lebih kreatif lagi. Belum lagi aktivitas sehari-hari yang cenderung berubah dan dibatasi membuat otak kita sulit untuk berpikir dengan baik.

Harus diingat bahwa kreativitas bukanlah proses pasif. Meski dalam keadaan terbatas, kita harus tetap terus mencari cara untuk meningkatkan kreativitas. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kreativitas diri di masa new normal seperti sekarang ini.


Langkah-langkah yang Mungkin Bisa Mengembangkan Kreativitas Anda

  • Memberikan hadiah kepada diri sendiri (self reward), cobalah untuk memberikan hadiah kepada diri sendiri ketika anda telah mendapat pencapaian tertentu.
  • Menciptakan Psychological Distance caranya adalah dengan menanamkan mindset bahwa masalah/kesulitan itu jauh dan terpisah dari tempat kita yang sebenarnya. Jadi jika seseorang berpikir bahwa masalahnya datang dari tempat jauh, mereka akan dapat menemukan banyak solusi kreatif.
  • Carilah sesuatu di lingkungan sekitar yang sekiranya bisa menginspirasi yang akan memunculkan ide-ide kreatif dalam pikiran.

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk tetap produktif dan inovatif di masa pandemi Covid-19 ini. Kamu perlu melakukan berbagai aktivitas terkait pekerjaan atau sekolah di rumah saja untuk menghindari penyebaran virus dan sekaligus meningkatkan kreativitas diri. 

Oke sekian dulu semoga bermanfaat, dan jangan lupa tetap jaga kesehatan.

Stay healthy!


Tags:
Tantangan Produktivitas di Masa New Normal
Tingkatkan Kreativitas di Masa New Normal
Tetap Kreatif dan Produktif
Cara Agar Tetap Produktif di Era New Normal

You Might Also Like:

3 komentar

  1. Cukup membantu sekali tips nya mas,apalagi sedang PPKM darurat seperti sekarang. Rasanya males banget mau ngapa2in jadi rebahan aja dirumah hehe. Terimakasih artikel nya sangat bermanfaaπŸ‘
  2. Semoga ppkm terutama pandemi ini cepat berakhir ya mas, biar bisa beraktifitas seperti biasa lagi
  3. Bermanfaat nih πŸ‘πŸ‘